Jumat, 21 Oktober 2016

Komponen dan fungsi Komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Saya akan menjelaskan fungsi monitor, keyboard, dan mouse serta komonen-komponen dalam CPU 

1. Monitor dan keyboard


  • Monitor merupakan sebuah layar yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk visual dari hasil olahan data yang kita peroleh.
  • Keyboard merupakan perangkat yang berfungsi untuk memasukkan sebuah karakter sesuai dengan keinginan kita seperti huruf, angka, dan simbol ke dalam komputer.
2. Mouse



Mouse berfungsi untuk memberikan masukan berupa perintah pada program komputer. Biasanya saat kita menggerakan mouse, panah kecil yang terdapat di dalam komputer juga akan bergerak. Panah ini sering di maksud dengan Cursor. 


3. CPU (Central Processing Unit), merupakan inti dari komputer untuk melakukan pengolahan data dari bebrapa perintah yang telah kita berikan melalui perangkat input. 

Tampak depan


Tampak dalam



Berikut fungsi komponen bagian dalam CPU:

1. CD Room, Ialah sebuah bagian dari hardware komputer yang memiliki tugas untuk membaca data yang terdapat didalam kepingan CD.



 2. Floppy Diskette Room, merupakan alat untuk membaca disket sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjalankan sistem operasi dan aplikasi.



3. VGA Card, sebuah perangkat keras yang melakukan pemrosesan output berupa visual yang di tampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas, VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. 


4. Random Access Memory (RAM), adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memerdulikan letak data tersebut dalam memori. 


5. Cooler Processor, tindakan mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer.


6. Power Supply, sebagai perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi dua arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. 



7. Harddisk, merupakan sebuah piringan untuk menyimpan data yang kita punya dalam sebuah komputer. Data tersebut akan di simpan di dalam Harddisk termasuk Sistem Operasi.  




8. Motherboard, adalah komponen terpenting dalam sebuah komputer karena motherboard merupakan induk dari semua komponen yang ada pada CPU. Motherboard juga merupakan penghubung antara hardware satu dengan hardware yang lainnya



Gambar ini di ambil pada tanggal 21 Oktober 2016 pada pukul 11:00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Ekonomi Koperasi

1. Efisiensi Perusahaan Koperasi Efisiensi koperasi adalah  pelayanan usaha kepada anggotanya. Koperasi yang dapat menekan biaya serendah ...